Thursday, January 01, 2009

OSILATOR KRISTAL

Dengan menambahkan gerbang logika (IC TTL), sebuah rangkaian osilator kristal akan memberikan kinerja yang lebih baik
Ada dua jenis rangkaian osilator kristal yang biasa digunakan, yaitu
rangkaian resonansi seri dan resonansi parealel
___________________________________________________________________________

Rangkaian resonansi osilator kristal paralel

Gambar di atas memperlihatkan implementasi dari rangkaian resonansi osilator kristal paralel rangkaian ini di disain agar dapat memantapkan frekuensi yang dihasilkan oleh kristal. frekuensi yang di hasilkan oleh rangkaian resonansi paralel akan di balik fasanya sebesar 180 derajat oleh inverter 74As04. Resistor 4k7 berfungsi memberikan umpan balik agar frekuensi yang dihasilkan lebih stabil. Resistor 10K (potensio meter) untuk memberikan tegangan bias 74AS04.
____________________________________________________________________

Rangkaian resonansi osilator kristal seri

Gambar di atas memperlihatkan implementasi dari rangkaian resonansi oscilator kristal seri rangkaian ini juga di disain agar dapat memantapkan frekuensi yang dihasilkan oleh kristal. frekuensi yang di hasilkan oleh rangkaian resonansi seri akan di balik fasanya sebesar 180 derajat oleh inverter 74As04 Resistor 330 berfungsi memberikan umpan balik dan tegangan bias 74AS04.
____________________________________________________________________
Pada prakteknya rangkaian resonansi di atas tidak dapat bekerja dengan menggunakan 74HCT04. Hal ini di sebabkan karna teknologi gerbang logika HCT tidak mampu mengikuti kecepatan clock dari kristal. Agar rangkaian dapat bekerja dengan baik gunakan gerbang logika yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi, misalnya 74LS04.

 
Skema Rangkaian Elektronika